A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: fopen(/opt/alt/php73/var/lib/php/session/ci_session21798f2e4fa612e9bbad8b2dbd275f90408d176a): failed to open stream: Disk quota exceeded

Filename: drivers/Session_files_driver.php

Line Number: 172

Backtrace:

File: /home/besharpi/public_html/application/controllers/Main_page.php
Line: 43
Function: __construct

File: /home/besharpi/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: session_start(): Failed to read session data: user (path: /opt/alt/php73/var/lib/php/session)

Filename: Session/Session.php

Line Number: 143

Backtrace:

File: /home/besharpi/public_html/application/controllers/Main_page.php
Line: 43
Function: __construct

File: /home/besharpi/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Be Sharp
  • Berita

Selamat Datang

Ternyata Musik Klasik Dapat Tingkatkan Intelegensia Pada Anak
24 May 2018

Apa yang kalian pikirkan saat kalian mendengar musik klasik? Jelas kalian akan serentak menjawab bahwa itu adalah jenis musik yang sangat amat membosankan untuk didengarkan, musik orang elit atau bahkan musik kuno. Nggak heran jika kalian menjawab seperti itu, apalagi untuk era sekarang ini, yang hampir semua kaumnya menyukai musik bergenre pop ketimbang klasik. Nah, terlepas dari itu semua, musik klasik justru memiliki dampak yang baik untuk anak-anak, khususnya intelegensia pada bayi bahkan janin.

Alunan musik yang katanya membosankan tersebut sekarang ini dipercaya dapat menjadi terapi yang tepat bagi anak-anak agar cerdas. Apakah informasi tersebut benar atau hanya sekedar sugesti? Mengapa hanya jenis musik klasik saja? Kapan tepatnya terapi musik klasik harus dimulai?

Musik adalah bunyi yang diterima oleh individu dan berbeda-beda berdasarkan sejarah, lokasi, budaya dan selera seseorang. Sumber lain menyebutkan bahwa musik adalah bunyi yang dianggap enak oleh pendengarnya, segala bunyi yang dihasilkan secara sengaja oleh seseorang atau kumpulan dan disajikan sebagai musik. Semuanya tergantung jenis musik yang didengarkannya. Sedangkan musik klasik merupakan musik yang dibuat atau berakar dari tradisi kesenian Barat, musik kristiani dan musik orkestra, mencakup periode dari sekitar abad ke-9 hingga abad ke-21.

Musik klasik adalah musik yang mudah dicerna karena struktur nadanya sederhana. Ekspresi dari nada dasar dan primitif inilah yang menjadikan musik klasik sebagai acuan bagi para ahli untuk memperoleh hasil yang signifikan. Selain untuk penyembuhan terapi, musik klasik juga dapat dipergunakan untuk meningkatkan kecerdasan karena dapat menghasilkan efek mozart yaitu salah satu istilah untuk efek yang bisa dihasilkan sebuah musik untuk meningkatkan intelegensia seseorang.

Benarkah Musik Klasik Dapat Membuat Otak Menjadi Cerdas?

Tentu semua orangtua akan bangga jika anak mereka tidak hanya pintar melainkan juga cerdas. Definisi dari cerdas adalah orang yang dapat menggunakan secara seimbang kemampuan berfikirnya secara analisis dan menambahkan ide kreatif. Berbeda dengan orang pintar yang saat melakukan apapun merasa tidak perlu mengubahnya dan tidak perlu menambahkan ide ke dalamnya.

Agar anak cerdas tentu tidaklah instant. Butuh pelatihan, tidak hanya pada otak kiri saja tetapi juga otak kanan agar seimbang. Berbagai informasi untuk mencerdaskan otak anak beredar di kalangan para orangtua, mulai dari senam otak hingga menggunakan terapi musik klasik. Tapi benarkah terapi musik klasik dapat membuat otak menjadi cerdas?

 

Hasil studi pada 1993 yang diterbitkan di jurnal Nature menunjukkan bahwa mendengarkan musik klasik akan meningkatkan kemampuan kognitif. Alhasil, riset ini lalu memicu para orangtua untuk memperkenalkan bayi dan anak kecilnya pada musik klasik, serta pengusaha berlomba menjualnya ke berbagai sekolah, pusat perawatan siang hari dan orangtua.

Kala itu penelitian mereka mengemukakan bahwa setelah diperdengarkan musik Mozart 1781 sonata yang dimainkan dengan dua piano dalam tangga nama D mayor (KV 448) terhadap beberapa siswa, ternyata dapat meningkatkan kemampuan mengerjakan soal-soal mengenai spasial (ruang).

Riset itu menyebar ke seluruh dunia, setelah surat kabar New York Times melansir, dengan mendengarkan musik klasik sudah menjadi jaminan bagi anak-anak untuk memiliki bekal ilmu untuk studi di sekolah mereka. Terlebih ilmuwan lain juga mendukung temuan tersebut dengan menyatakan, musik klasik mampu meningkatkan intelegensi anak-anak. Sejak itulah musik klasik menjadi referensi bagi orangtua yang menginginkan anak mereka cerdas.

Bukan hanya itu yang “mengultuskan” musik klasik. Pada tahun 1998, Gubernur Georgia, Zell Miller juga ikut-ikutan mempublikasikan yang membuat heboh karena setiap ibu yang baru melahirkan anak, akan menerima satu paket CD musik klasik. Pada tahun yang sama pemerintah Florida juga mewajibkan setiap pusat pendidikan anak untuk melantunkan musik klasik minimal satu jam dalam sehari.

sumber: http://www.circadianshift.net/info/dikenal-membosankan-ternyata-musik-klasik-dapat-tingkatkan-intelegensia-pada-anak/