• Berita

Selamat Datang

Bagaimana Cara Membaca Partitur Musik? (Part 1)
24 July 2018

Setiap orang yang belajar instrumen musik, pasti akan berjumpa dengan notasi musik yang disebut partitur. Pertanyaannya bagaimanakah cara membacanya? Mari kita pelajari apa itu partitur terlebih dahulu.

Partitur merupakan istilah umum yang mendiskripsikan tentang kertas musik atau standar notasi musik. Notasi musik adalah sistem penulisan karya musik. Dalam notasi musik, nada dilambangkan dengan not (meskipun kadang penggunaan istilah nada dan not saling dipertukarkan). Tulisan musik biasa disebut partitur.

Notasi musik standar saat ini adalah notasi balok, yang didasarkan pada paranada dengan lambang untuk setiap nada menunjukkan ketinggian nada dan durasi nada tersebut. Tinggi nada digambarkan secara vertikal, sedangkan waktu (ritme) digambarkan secara horizontal. Durasi nada ditunjukkan dalam ketukan.

Pada hari ini kita akan khusus mempelajari cara membaca nada pada notasi musik / partitur.

Grand Staff

Grand Staff adalah dua buah staff yang tergabung menjadi satu, dan memiliki garis tengah yang tidak terlihat. Masing-masing staff memiliki lima buah garis dan spasi diantara tiap garis. Staff bagian atas disebut treble cleff dan bagian bawah disebut bass cleff seperti gambar dibawah ini.


Garis dan Spasi dalam Grand Staff

Gambar ini menunjukan urutan nada pada treble cleff yang dimulai dengan nada E pada garis terbawah (garis pertama) dan nada F pada garis teratas (garis kelima).

Gambar ini menunjukan urutan nada pada bass cleff yang dimulai dengan nada G pada garis terbawah dan nada A pada garis teratas.

Gambar ini menunjukan urutan nada pada treble cleff yang dimulai dengan nada F pada spasi pertama (diantara garis pertama dan kedua) dan nada E pada spasi terakhir (diantara garis keempat dan kelima).

Gambar ini menunjukan urutan nada pada bass cleff yang dimulai dengan nada A pada spasi pertama dan nada G pada spasi terakhir.

 

Garis Tengah pada Grand Staff

Seperti yang sudah diberitahu pada bagian sebelumnya, Grand Staff memiliki garis tengah yang tidak terlihat diantara staff! Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat dua gambar dibawah ini yang masing-masing mewakili nada pada garis dan spasi dari bass cleff sampai treble cleff.

Ternyata membaca nada pada notasi musik tidak terlalu sulit ya! Di artikel berikutnya kita akan mempelajari bagaimana cara menggambar/menulis not dan mengetahui durasi dari not tersebut. See you later guys!


Fatal error: Maximum execution time of 30 seconds exceeded in /home/besharpi/public_html/system/libraries/Session/drivers/Session_files_driver.php on line 263

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Unknown: Cannot call session save handler in a recursive manner

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace:

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Unknown: Failed to write session data using user defined save handler. (session.save_path: /opt/alt/php73/var/lib/php/session)

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: